Senin, 02 Desember 2013

Tugas Sistem Informasi Asuransi dan Keuangan

Oleh Frisca Idviosa/ 1A112045/ 5KA32
Pengertian Perusahaan Asuransi
Perusahaan asuransi adalah suatu lembaga yang sengaja dirancang dan dibentuk sebagai lembaga pengambil alih dan penerimaan resiko. Dengan demikian, perusahaan asuransi pada dasarnya menawarkan jasa proteksi sebagai bentuk produknya kepada masyarakat yang membutuhkan, dan selanjutnya diharapkan akan menjadi pelanggannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan asuransi akan mengajak setiap pihak untuk bergabung ataupun bekerjasama untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan kerugian yang mungkin terjadi yang biasanya tidak disadari dan tidak siap dihadapi. Ada beberapa definisi-definisi tentang asuransi antara lain :

Definisi asuransi menurut pasal 246 kitab Undang-undang hukum dagang ( KUHD ) RI : “ Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian, dengan mana seorang penanggung mengikat diri pada tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu “.

Pada perusahaan asuransi ada banyak departemen-departemen yang mempunyai tugasnya masing-masing. penulis membatasi masalah untuk yang dibahas adalah departement document claim  di suatu perusahaan asuransi di Indonesia. pada departemen document claim ini, seorang analis akan menganalisa document claim nasabahnya apakah akan dibayarkan claimnya atau tidak. berikut adalah data flow diagram nya (DFD) :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar