Senin, 05 Mei 2014

Manusia dan Tanggung Jawab

(Manusia Bertanggung Jawab merupakan suatu Budaya dalam Kehidupan)
Oleh : Frisca Idviosa/ 1A112045
Kelas 4KA37

Manusia di dunia hidup dengan bertindak atau berprilaku, ada prilaku baik dan ada juga tidak baik. Manusia yang sudah dewasa dapat membedakan mana itu salah dan mana yang benar. Tugas kita sebagai seorang yang dewasa adalah membimbing yang belum dewasa atau anak kecil misalnya untuk memahami dan dapat membedakan mana perbuatan yang baik dan mana yang tidak. 

Hidup itu penuh dengan tindakan dan sosialisasi antar sesama manusia, Kita hidup berani mengerjakan ini dan mengerjakan itu untuk mendapatkan hak kita dan untuk mendapatkan hak itu kita harus bertanggung jawab dengan semua apa yang kita kerjakan. Misalnya kita bekerja di suatu perusahaan dan kita berani menerima posisi di suatu perusahaan itu, maka kita harus berani menerima resiko yang kemungkinan akan terjadi nanti, misal kita melakukan kesalahan pada suatu pekerjaan maka kita harus mengakui kesalahan tersebut dan harus bertanggung jawab atas kesalahan yang kita perbuat.

Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah, keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menaggung, memikul,menanggung segala sesuatunya,dan menanggung akibatnya.


Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati,artinya sudah menjadi bagian hidup manusia ,bahwa setiap manusia di bebani dengan tangung jawab.apabila di kaji tanggung jawab itu adalah kewajiban yang harus di pikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat.

Tanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab.manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan atau pengorbanan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar