Kamis, 01 Mei 2014

Tugas 2 Etika & Profesionalisme TSI ATA 2013/2014

Kelas 4KA22

Oleh Frisca Idviosa / 1A112045

1.       Beri contoh kasus dan jelaskan tentang gangguan pemanfaatan teknologi sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menyebabkan seseorang atau pihak lain terganggu!
·    Contoh kasus yang pertama adalah Data Forgery : Dunia perbankan melalui (e-banking) Indonesia, dikejutkan oleh ulah seseorang bernama Steven Haryanto, seorang hacker dan jurnalis pada majalah Master Web. Lelaki asala Bandung ini dengan sengaja membuat situs asli tapi palsu layanan Internet Banking Bank Central Asia, (BCA). Steven membeli domain-domain dengan nama mirip www.klikbca.com (situs asli Internet banking BCA), yaitu domain www.klik-bca.com, www.kilkbca.com, www.clickbca.com, www.klickca.com, dan www.klikbac.com. Isi situs-situs plesetan ini pun nyaris sama, kecuali tidak adanya security untuk bertransaksi dan adanya formulir akses (login form) palsu. Jika nasabah BCA salah mengetik situs BCA asli maka nasabah tersebut masuk perangkap situs plesetan yang dibuat oleh Steven sehingga identitas pengguna (user id) dan nomor identitas personal (PIN) dapat diketahuinya.
·   Contoh kasus yang kedua adalah Cyber Espionage, Sabotage, and Extortion : Cyber Espionage merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer pihak sasaran. Sabotage and Extortion merupakan jenis kejahatan yang dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet.
·  Contoh kasus yang ketiga adalah Cyberstalking : Kejahatan jenis ini dilakukan untuk mengganggu atau melecehkan seseorang dengan memanfaatkan komputer, misalnya menggunakan e-mail dan dilakukan berulang-ulang. Kejahatan tersebut menyerupai teror yang ditunjukan kepada seseorang dengan memanfaatkan media internet. Hal itu bisa terjadi karena kemudahan dalam membuat email dengan alamat tertentu tanpa harus menyertkan identitas diri yang sebenarnya.

2.       Mengapa muncul gangguan dalam pemanfaatan teknologi sistem informasi, jelaskan!
Karena ingin mendapatkan keuntungan untuk kepentingan pribadinya (yaitu orang yang melakukan ganguan dalam pemanfaatan teknologi sistem informasi) biasanya keuntungan yang ingin mereka dapatkan berorientasi pada uang.

3.       Untuk mengatasi  gangguan yang muncul pada pemanfaatan teknologi sistem informasi, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan baik dari pengguna maupun dari pihak pemerintah!
·    Langkah-langkah yang dapat dilakukan dari pihak pengguna adalah apabila Anda sedang membuka situs media sosial atau situs yang berhubungan dengan rekening Bank Anda di tempat umum atau misalnya warnet pastikan Anda berada pada url yang benar dan setelah menggunakannya hapus history Anda dan jangan memberi tahukan password Anda pada siapapun, hal ini untuk menghindari terjadinya pembajakan pada akun Anda.
·     Langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh Pemerintah adalah membuat peraturan hukum dan sanksi yang tegas terhadapa pelanggaran etika yang terjadi pada bidang Teknologi Sistem Informasi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar