Rabu, 16 Oktober 2013

Tugas 1. Pengantar Telematika PTA 2013/2014 Kelas 4KA22



1.      Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang perkembangan teknologi informasi dalam penyebarluasan informasi!
Jawab:
Penyebarluasan informasi sekarang ini tidak perlu diragukan lagi, kecepatan dan kemudahan  berinternet dalam mengakses informasi  yang kita inginkan sudah sangat baik selama masih ada akses untuk berinternet. Dengan sudah banyaknya gadget-gadget yang lebih inovatif dan bisa didapatkan dengan harga terjangkau, kini berkomunikasi menjadi lebih mudah karena gadget tersebut mudah untuk dibawa kemana-mana, dan penyebarluasan informasi masih akan terus berkembang dengan masih tetap adanya warung internet. Pada akhirnya, informasinya sudah menjadi kebutuhan untuk masyarakat, dimana dengan perkembangan teknologi, kita dapat mendapatkan informasi  yang kita butuhkan dengan mudah. Misalnya, internet bisa mengakses kondisi cuaca, kondisi lalu lintas, berita terkini, komunikasi dua arah, dan hiburan.

2.      Bagaimana peranan telematika dalam bidang pendidikan? Berikan contohnya!
Jawab:
Telematika dapat diartikan sebagai sistem jaringan komunikasi jarak jauh dengan teknologi informasi yang lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan menggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Salah satu contoh telekomunikasi adalah internet.(http://bagasirawanganteng.blogspot.com/2012/10/pengantar-telematika.html?m=1). Peranan telematika dalam bidang pendidikan sangat membantu. Dengan bertebarannya web yang bernuasa pendidikan hal ini semakin mempermudah para pelajar dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Pelajar dapat mengakses internet untuk mendownload e-book yang berisi materi yang berhubungan dengan pelajaran. Pelajar dan guru pun dapat memanfaatkan fasilitas yang ada pada e-mail, untuk mengumpulkan dan memeriksa tugas, dimana dalam hal ini menghemat waktu karena tidak perlu tatap muka. Sebagai contoh web yang dapat mempermudah pelajar dan pengajar adalah situs studentsite Universitas Gunadarma, semua informasi jadwal perkuliahan, sarana mengumpulkan tugas, informasi silabus, dan lain sebagainya dapat diakses disitus ini.


3.      Apa manfaat dan dampak negatif dari perkembangan telematika? Jelaskan!
Jawab:
Manfaat dari Telematika
·         Manfaat internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam versifikasi kebutuhan.

·         Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.

·         Di bidang kesehatan dan juga di bidang pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas. Dengan adanya pendidikan yang dilakukan dengan jarak jauh melalui internet.

·         Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya masyarakat membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet.

·         Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor- sektor lainnya. Sebagaimana terjadinya penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya yang terjadi pada negara-negara di dunia misalnya Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara- negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.

Dampak Negatif dari Telematika
·         Meningkatnya tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.

·         Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
·         Kejahatan telematika merugikan individu,missal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.

·         Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.

·         Informasi dan data yang mudah diperoleh tidak hanya informasi yang bersifat positif tapi juga negative. Kurangnya keamanan pengaksesan informasi negative dapat meningkatkan kejahatan dalam masyarakat, seperti peredaran video porno di internet meningkatkan pemerkosaan dan pelecehan seksual. Kurangnya privasi pengguna, karena kurangnya keamanan jaringan sehingga dapat dengan mudah disusupi oleh hacker/cracker ataupun virus. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Telematik)

4.      Bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari perkembangan telematika tersebut?
Jawab:
cara mengatasi dampak negatif dari perkembangan telematika tersebut adalah
·         Diperlukannya peran pemerintah dalam merapkan hukum cybercrime
·         Diperlukannya proxy bagi instansi untuk menyaring informasi mana yang diperlukan dan mana yang tidak
·         Diperlukannya peran orang tua bagi anak-anaknya ketika anak-anak mereka berinternet
·         Dimulai dari diri sendiri bagi yang sudah dewasa karena sudah mengerti mana yang salah dan yang benar untuk dapat menyaring informasi dan tidak menelan mentah-mentah setiap informasi yang didapat dari dunia maya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar