Minggu, 17 November 2013

Anekaragam Agama di Indonesia

(Agama dan Masyarakat)
Oleh FriscaIdviosa/ 1A112045/ 1KA24

Intellgence Quetient (IQ), Emotional Quetient (EQ), Spiritual Quetient (SQ) adalah beberapa kecerdasan yang harus kita miliki untuk mencapai kesuksesan yang kita mimpikan. Salah satu kecerdasan yang berkaitan erat dengan keyakinan yang kita miliki adalah SQ. Negara Indonesia adalah Negara yang mempunyai banyak penduduk, beraneka ragam budaya, dan penduduknya pun mempunyai beragam keyakinan. Beberapa agama yang umum yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah Islam, Budha, Hindu, Kristen Katolik, dan Kristen Protestan. Walaupun masyarakat kita mempunyai beragam keyakinan dalam beragama, kehidupan bermasyarakat kita tetap rukun. Saling membantu, gotong royong itu tetap ada tidak membeda-bedakan agama. Kehidupan tetap damai walaupun agama berbeda. Jadi apapun agama yang menjadi keyakinan yang kita yakini. Intinya adalah semua agama mengajarkan pada kebaikan dan disinilah peran penting SQ.

Agama yang kita miliki mengajarkan kita untuk melakukan kebaikan dan menghindari perbuatan yang dilarang oleh-Nya. Dengan SQ yang kita miliki berarti kita memahami agama yang kita yakini, kita meyakinan keberadaan pencipta kita yaitu Allah SWT. Karena, kita meyakini hal ini, maka ketika ada niat untuk melakukan kejahatan kita ingat Allah maka kita tidak jadi melakukan kejahatan tersebut.


Pemberitaan  di berbagai media yang membahas tentang sekelompok organisasi teroris yang meresahkan kehidupan dalam bermasyarakat. Kita jangan sampai terpancing akan perbuatan parateroris yang diberitakan di TV tersebut yang dapat merusak kerukunan umat beragama di sekitar kita. Adanya bangunan Masjid, Gereja disuatu kota di Negara kita Indonesia berdiri b erdampingan, ini merupakan symbol kerukunan umat beragama di Indonesia. Meyakini keberadaan  Allah di hati kita, menyadarkan kitauntuk tetap berpegang teguh pada pedoman yang kita miliki, untuk selalu melakukan kebaikan dan menghindari kemungkaran. Sehingga ketenangan dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat akan tercipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar