Kamis, 14 November 2013

Tugas 2. Pengantar Telematika PTA 2013/2014 Kelas 4KA22

Nama: Frisca Idviosa
NPM: 1A112045
Kelas: 4KA22

Jelaskantentangperkembanganjaringan computer sebagaisarana yang digunakandalam proses telematikabaik yang menggunakankabelmaupuntanpakabel.

Jaringankomputerpadadasarnyaadalahjaringankabel yang menghubungkansatusisidenganisi yang lain. dimanabentukdanfungsidarijaringantersebutmenentukanpemilihanjeniskabel, demikianjugasebaliknya, ketersediaankabeldanhargamenjadipertimbanganutamauntukmembangunsebuah network. Seiringdengan perkembanganteknologi, penghubungantarkomputer pun mengalamiperubahan.Mulaidariteknologitelegraf yang memanfaatkangelombang radio hinggateknologiseratoptikdan laser menjadi tumpuanperkembanganjaringankomputer.Hinggasekarang, teknologijaringankomputerbisamenggunakanteknologi yang menggunakankabel coaxial hinggamenggunakanteknologiseratoptik).

Jaringankomputerdibagiataslimajenis, yaitu;

·         Local Area Network (LAN), merupakanjaringan internal di dalamsebuahgedungataukampus. LAN seringkalidigunakanuntukmenghubungkankomputer-komputerpribadidan workstation dalamkantorsuatuorganisasi, perusahaanataupabrik-pabrikuntukmemakaibersamasumberdaya (misalnya printer, media penyimpanan/storage) dansalingbertukarinformasi.

·         Metropolitan Area Network (MAN), merupakanversi LAN yang dengan area yang lebihluasdanbiasanyamenggunakanteknologi yang samadengan LAN. MAN dapatmencakupkantor-kantorperusahaan yang letaknyaberdekatanataujugasebuahkotadandapatdimanfaatkanuntukkeperluanpribadi (swasta) atauumum. MAN mampumenunjang data dansuara, bahkandapatberhubungandenganjaringantelevisikabel.

·         Wide Area Network (WAN), jangkauannyamencakupdaerahgeografis yang luas, seringkalimencakupsebuahnegarabahkanbenua. WAN terdiridarikumpulanmesin-mesin yang bertujuanuntukmenjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

·         Internet. Orang yang terhubungkejaringanseringberharapuntukbisaberkomunikasidengan orang lain yang terhubungkejaringanlainnya. Keinginansepertiinimemerlukanhubunganantarjaringan yang seringkalitidakkompatibeldanberbeda. Kumpulan jaringan yang salingterhubung (terinterkoneksi) inilah yang disebutdenganinternet.

·         JaringanTanpaKabel, ataulebihdikenaldenganwireless merupakansuatusolusiterhadapkomunikasi yang tidakbisadilakukandenganjaringan yang menggunakankabel. JaringanMemilih T 1040 opologiJaringandan Hardware tanpakabellebihleluasabergerak (mobile) dalammelakukanaktifitaskomunikasi.

Komunikasitanpakabel (wireless) telahmenjadigayahidupmasyarakatinformasi. Beberapawujudnya yang sederhanatelahcukup lama dikenalmasyarakatBumi.Kinimerekahadirkembalidisekitarkitadalambentuk yang kianberagamdancerdas.Mulai dari pager dua arah, telepon genggam digital, hingga sampai wireless LAN.

Sifat fleksibilitas dari karakteristik wireless menjadikan teknologi wireless sebagai salah satu teknologi utama yang diaplikasikan dalam jaringan telekomunikasi. Komunikasi lokal wireless memiliki perkembangan tercepat dan tumbuh sebagai sektor yang sangat penting dalam industri telekomunikasi. Salah satu aplikasi pengembangan wireless untuk komunikasi data adalah wireless LAN.

Wireless LAN merupakan jaringan komputer lokal yang menggunakan media transfer data tanpa kabel. Wireless LAN ini sama halnya seperti ethernet tanpa kabel dimana user berhubungan dengan server melalui modem radio. Salah satu satu bentuk modem radio adalah PC Card yang digunakan untuk laptop. Kecepatan komunikasi wireless LAN ini dapat mencapai 3 MBps.

ApakeuntungandankerugianTeknologi peer to peerdanTeknologi client-server
Berikancontohkomunikasibaik yang peer to peer maupun yang client-server

Jaringan client server
Dalamjaringaninisatukomputerberfungsisebagaipusatpelayanan (server) dankomputer yang lain berfungsimemintapelayanan( client ). Sesuaidengannamanya, client server berartiadanyapembagiankerjapengelolaan data antara client dan server.Saatini, sebagianbesarjaringanmenggunakan model client/server.

Jaringan Peer to Peer
Dalamjaringaninitidakadakomputer yang berfungsikhusus, dansemuakomputerdapatberfungsisebagai client dan server dalamsatusaatbersamaan.Penggunamasing-masingkomputerbertanggungjawabterhadapadministrasi resource komputer( denganmembuatnama user, membuat share, menandaiijinmengakses share tersebut). Tiap-tiap user bertanggungjawabjugamengenalpembackupan data padakomputer.Sayangnyapenempatan resource dapatmenjadisulitpada network peer to peer yang mempunyailebihbanyakkomputer

Kelebihan peer to peer
Kelebihan client server
Pelaksanaantidakterlalumahal
Memberikankeamanan yang lebihbaik
Tidakmembutuhkan software server NOS (Network Operation System)
Lebihmudahpengaturannyabilanetworknyabesarkarenaadministrasinyadisentralkan
Tidakmembutuhkan administrator network yang handal
Semua data dapatdibackuppadasatulokasisentral
Kerugian
Kerugian
Tidakcocokuntuk network skalabesar, administrasimenjaditidakterkontrol
Membutuhkan software NOS yang mahalcontoh: NT atau server Windows 2000, XP, Novell, UNIX
Tiap user harusdilatihuntukmenjalankantugas administrative
Membutuhkanhardaware yang lebihtinggidanmahaluntukmesin server
Keamanankurang
Membutuhkanadministrator yang profesional
Semuamesin yang sharing resource tidakmempengaruhiperforma
Mempunyaisatutitiklemahjikamenggunakansatu server, data user menjadi taka da jika server mati.


Jelaskanmenurutpendapatmasing-masingtentangperkembanganteknologi wireless yang meliputi hardware, sistemoperasidan program aplikasi yang digunakanpadaperangkat wireless.


Perkembanganteknologitanpakabelmemberikankelebihantersendiridalamperangkaianpemasangannnyayang lebihpraktisdaripadateknologi yang menggunakankabel.Walaupun, sebenarnyamasing-masingteknologitersebutmempunyaikeunggulandankelemahanmasing-masing.Perangkatkerasteknologi wireless mudahditemukan, mudahdalampemasangandanpengaplikasiannyadandapatdiperolehdenganharga yang terjangakau, dankita pun bisamenikmatifasilitasberinternetdenganteknologi wireless ini. Smarthphone yang kitagenggamsekarangini pun sudahmempunyaifiturtersendiriyaituwi-fi hotspot, yang apabiladihidupkanfasilitasberinternetdapatkitanikmatidariperangkatlainnya yang terhubungdenganhotspotnyaselamafasilitas internet itusendiritersedia.Selainitu, fasilitas Bluetooth jugamerupakanteknologi wireless dimanaketika Bluetooth dinyalakankitadapatmenerimaataumemberikan data.Begitucanggihnyateknologi yang kitamilikisekarang, mudahdalampemasangandanpengaplikasiannya, sehingga teknologi wireless kinibenar-benarmembantukitadalammemperolehinformasi yang kitabutuhkan.

sumber: 
http://freewebs.com/siskapipin/JARINGAN_LOKAL_KOMPUTER_TANPA_KABEL.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar