Senin, 18 November 2013

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Oleh Frisca Idviosa/ 1A112045/ 2KA25

Pendahuluan
Organisasi merupakan sekumpulan individu yang mempunyai tujuan yang sama dan mempunyai metode tertentu untuk mencapai tujuan tersebut. Istilah organisasi dapat diartikan sebagai wadah dan proses. Wadah merupakan sekelompok manusia untuk saling bekerja sama. Sedangkan, proses adalah pengelompokan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien. Organisasi sudah diperkenalkan di sekolah-sekolah sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Contoh organisasi di sekolah adalah berbagai macamnya ekstrakulikuler di sekolah, seperti pramuka, paskibraka, KIR, PMR, Rohis, dan lain sebagainya. Ekstrakulikulerini, merupakan salah satu wadah bagi para pelajar untuk memperoleh apa yang mereka sukai dan mereka capai selain dari pelajaran di sekolah. Organisasi pun terus ada sampai dengan organisasi kepemudaan yang mewadahi individu-individu yang mempunyai nasionalisme tinggi dan mereka mempunyai  tujuan untuk menjaga kelestarian budaya bangsa Indonesia.

Teori
Istilah organisasi berasal dari kata organon/bahasa yunani. Yang berarti alat. Desain organisasi (organizational design) merupakan proses memilih dan mengimplementasikan struktur yang terbaik untuk mengelola sumber-sumber untuk mencapai tujuan. Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Organisasi  Menurut Stoner adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuanbersama.
  • Organisasi  Menurut James D. Mooney adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Organisasi Menurut Chester I.  Bernard merupakan suatu system aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Organisasi  Menurut Prof. Dr. Sondang Siagian adalah setiap bentuk persekutuan dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk suatu tujuan bersama dan terikat secara formal.


Istilah Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan. Adapun pengertian dan definisi metode menurut para ahli antara lain :
  • Menurut Rothwell & Kazana Metode adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi.
  • Menurut Titus Metode adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan.
  • Menurut Macquarie Metode adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu.


Analisis
Keberadaan organisasi di suatu tempat atau daerah mempunyai arti penting terhadap keberlangsungan kehidupan masyarakat sekitar yang mana jika organisasi tersebut mempunyai cara, pendekatan, atau proses untuk mencapai tujuan yang sama dalam membentuk kelestarian dan kesejahteraan lingkungan sekitarnya. Contoh organisasi tersebut adalah Karang taruna. Karang taruna merupakan organisasi para pemuda atau remaja di suatu desa atau kelurahan. Fungsi dari organisasi ini adalah sebagai wadah pembinaan para pemuda desa atau kelurahan. Biasanya kegiatan karang taruna meliputi kegiatan-kegiatan positif, misalnya olahraga, kerja bakti, bakti sosial, kesenian, membantu acara warga yang mempunyai hajat, keagamaan, dan lain lain. Di dalam organisasi juga terdapat beberapa pengurus seperti ketua, sekretaris, bendahara dan lain-lain.

Referensi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar